Jumat, 27 Februari 2015

Tempat Wisata Di Gunungkidul Yang Jarang Terekspose


Gunung kidul, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosari. Dengan luas sekitar satu per tiga dari luas provinsi induknya, kabupaten ini relatif rendah kepadatan penduduknya daripada kabupaten-
kabupaten lainnya. Bentang alam Gunungkidul adalah pesona tiada dua. Mulai dataran tinggi vulkanis, derasnya sungai bawah tanah, kegelapan goa vertikal maupun horizontal, hingga eksotisnya deretan pantai pasir putih. Semua tersedia! Berikut rekomendasi tempat tempat wisata cantik dari daerah gunung kidul.

1. PARALAYANG DI BUKIT PARANGNDOG
Namanya Bukit Parangndog, bentuknya bukit biasa tapi pemandangannya gak ada di pantai lain. Berdurasi kurang lebih 1 jam dari Kota Wonosari, anda akan melewati Kecamatan Paliyan, Saptosari, Panggang dan sampai ke tujuan terakhir yaitu Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. Sekilas memang perjalanannya jauh dan melelahkan, tapi semua itu akan terbayar lunas dengan view yang terpampang nyata cetar membahana di depan mata anda.

Anda dapat melihat dengan jelas Pantai Parangndog, Parangkusumo, Parangtritis, Depok, dll dari atas bukit dalam satu garis lurus hingga batas cakrawala.  Selain itu di Bukit Parangndog anda juga dapat menyaksikan take off-nya paralayang/ ganthole yang nantinya akan terbang diatas lautan dan mendarat di pantai.





2. GROJOGAN SENDANG TAHUNAN, HUTAN WANAGAMA GUNUNGKIDUL

Anda mungkin tidak percaya kalau grojogan atau air terjun di atas adalah ‘perhiasan’ asli kepunyaan Gunungkidul. Rasanya mustahil daerah yang (katanya) kering dan kurang air ternyata menyimpan sumber mata air yang jernih dan melimpah. Bahkan Hutan Wanagama yang dibatasi langsung oleh Sungai Oyo ini sebenarnya punya banyak grojogan, antara lain Sendang Ayu, Sendang Tahunan, dan Air Terjun Tuban. Jalan menuju Sendang Tahunan memang sedikit terjal dan agak licin, namun semua itu akan terbayar ketika melihat aliran air sungai yang begitu jernih dengan bebatuan khas gunung karst dan berujung pada air terjun yang menawan.




3. GUNUNG IRENG

Destinasi para pecinta wisata alam yang berada di Kecamatan Patuk Gunungkidul tepatnya di Dusun Srumbung Desa pengkok. Gunung ireng menyuguhkan pemandangan sawah hijau nan asri yang membetang di sela – sela pedesaan yang tentunya tak kalah seru dengan wisata wisata perbukitan di Gunungkidul. Cukup dengan hanya membayar Rp.5000 sudah termasuk biaya Retribusi dan parkir Kendaraan anda akan menemukan suasana berbeda dan tentunya layak untuk diabadikan dalam bidikan lensa anda

4. GOA PARI & GOA BENING

Goa Pari merupakan salah satu dari ratusan goa karst di Gunungkidul dengan panjang sekitar 70 m, disebut Goa Pari karena pada zaman penjajahan Belanda goa ini merupakan tempat penyimpanan pari (padi) dan bahan makanan lainnya serta untuk bersembunyi dari penjajah. Bahkan menurut Tugiyem (40) warga desa tersebut, salah satu sudut di goa tersebut konon digunakan semedi para leluhur. Goa yang  terletak di Dusun Duwetrejo, Karangtengah, Wonosari ini baru diperbaharui ‘tampilannya’ pada awal tahun 2013 kemarin dan dibiayai oleh pemerintah desa setempat. Goa Pari yang termasuk dalam golongan goa kering ini mempunyai stalaktit dan stalakmit yang masih aktif. Ketika masuk goa kita akan dihadapkan dengan dua jalan yang berbeda, dan bayangin kita harus memilih salah satunya. Jika kita memilih jalan menyusuri goa di bagian kanan kita akan melewati arca-arca peninggalan zaman belanda masih utuh hingga sekarang dan akan berujung di anak tangga dan keluarlah kita dari dalam goa. Tapi kalau kita pilih jalan yang kiri, suatu saat jalannya akan buntu sob trus balik lagi lewat jalan semula.

5. PANTAI NGANDONG GUNUNGKIDUL

Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoharjo , Kecamatan tepus  , Pantai Cantik yang diapit oleh 2 pantai yaitu Pantai Sundak dan pantai sadranan , Di pantai ngandong ini kita disuguhi pemadangan pantai yang beda karena adanya perahu perahu nelayan yang berjumlah sedikit , dan juga hamparan pasir putih lembut .Pantai Ngandong ini tergolong  pantai yang berombak sedang sehingga memungkinkan jika anda berkunjung dapat bermain di bibir pantai . Di Pantai Ngandong kita juga bisa berbelanja ikan segar hasil tangkapan para nelayan, meskipun tidak begitu banyak ikan laut yang menjadi pilihan , akan tetapi ikan ikan hasil tangkapan nelayan pantai ngandong tergolong ikan laut jenis konsumsi , seperti Tongkol , Tuna dan jika anda beruntung anda juga bisa membeli hasil tangkapan laut berupa Lobster

6. PANTAI NGETUN

Pantai Ngetun ini terletak di Dusun Sureng , Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul sebaris dengan pantai – pantai keren seperti pantai pok tunggal , pantai timang , pantai suing ,  nah berhubung belum ada penunjuk jalanya untuk ke pantai ini sebaiknya buat anda yang pengen banget kesini bisa Tanya ke penduduk setempat. Jalan ke pantai ini masih sangat susah karena 20-30 menit kita harus menempuh jalanan yang berbatu dan sangat terjal , jadinya gunakanlah kendaraan yang tahan banting ,  tapi setelah menempuh perjuangan yang cukup melelahkan hamparan pasir yang bersih serta rimbunan pohon di pinggir pantai jadi hadiah tersendiri, deburan ombak yang menghempas dikarang itu bagian yang tak bisa dilupakan , pantai yang masih tergolong sepi ini sangat menggoda pemandangannya , tidak sedikit para wisatawan yang jauh – jauh nyari tempat ini untuk tempat pemotretan atau bahkan dijadikan  untuk  pemotretan preweeding, kata penduduk setempat jika kita berkunjung di waktu yang pas  kita bisa melihat penyu di pantai ini

7. AIR TERJUN SAWANGAN



Rimbunya pepohonan yang di dominan pohon bambu dan lokasi yang cukup tersembunyi . serta bebatuan yng cukup licin , membuat papan yang satu ini memang sangat jarang di datangi orang asing, secara tempat ini belum resmi dikelola oleh pemerintah. Jika ingin sampai di tempat ini maka harus butuh perjuangan yang ekstra kuat alias mental blusuk’an  yang jago , karena untuk mencapai tempat ini kita harus berjalan ke barat sekitar 25 menit dari kota wonosari  dan menuju ke lokasi “Air terjun Sawangan”.

8. JURUG LENGKONGSARI

Satu Lagi Objek Wisata yang wajib dikunjungi saat singgah atau mampir ke Gunungkidul. “ Jurug Lengkongsari “ terletak di  Desa Wisata Jurung Taman Sari  Wonosari ,Semoyo , Patuk, Gunungkidul lebih tepatnya 2 Km ke arah selatan dari kecamatan patuk . Jurug Lengkongsari merupakan air tejun kembar  dengan ketinggian kurang lebih 8 Meter dan memiliki Kolam / kedung yang dalamnya berkisar 20 Meter jika musim hujan.


Di sekitar objek Wisata Jurug Lengkongsari juga terdapat suguhan pemandangan yang nggak kalah unik seperti , Arit Terjun grejek – grejek , Air terjun banyu semurup dan terowongan Goa Banyu semurup yang memiliki panjang 30-40 Meter cukup memantang nyali anda jika mengunjunginya , selain itu hamparan sawah yang menghijau juga menambah cantiknya pesona Jurug lengkongsari.  gazebo – gazebo kecil juga dibagun oleh Pokdarwis setempat  agar lebih memanjakan pengunjung menikmati keindahan Jurug lengkongsari. Tapi anda harus berjalan sekitar 150 meter dari penitipan sepeda motor , karena jalur menuju ke objek wisata ini sedang di perbaiki.

Objek Wisata Jurug lengkongsari masih tergolong perawan karena baru bulan Maret 2014 secara resmi di resmikan Oleh Bupati Gunungkidul . Hj. Badingan , Sos.  Untuk mencapai objek wisata ini tidaklah sulit karena hanya berjarak 19 KM dari Kota Yogyakarta Lurrr atau hanya sekitar 2 jam perjalan jika anda menggunakan sepeda bermotor





sumber : tentanggk.com

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons