Jumat, 13 Februari 2015

PONOROGO? Reog?

Kali ini Sahabat Larissa akan diajak jalan-jalan menuju sebuah daerah yang terkenal dengan kesenian khasnya yaitu Reog Ponorogo. Dari nama kesenian tersebut pasti sudah tau kan apa daerah yang akan kita bahas? Kita akan menuju daerah Ponorogo.


Kabupaten Ponorogo adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di sebelah barat dari provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Ponorogo dikenal dengan julukan Kota Reog atau Bumi Reog karena daerah ini merupakan daerah asal dari kesenian Reog. Ponorogo juga dikenal sebagai Kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren.


Yuk kita kenal tradisi dari kota ini. Setiap tanggal 1 Muharram (1 Sura), pemerintah Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan Grebeg Sura. Dalam rangkaian perayaan Grebeg Suro ini diadakan Kirab Pusaka yang biasa diselenggarakan sehari sebelum tanggal 1 Muharram. Pusaka peninggalan pemimpin Ponorogo zaman dahulu diarak bersama pawai pelajar dan pejabat pemerintahan di Kabupaten Ponorogo, dari makam Bathara Katong (pendiri Ponorogo) di daerah Pasar Pon sebagai kota lama, ke Pendapa Kabupaten. Pada malam harinya, di alun-alun kota, Festival Reog Nasional memasuki babak final. Esok paginya ada acara Larung Risalah Do’a di Telaga Ngebel di mana nasi tumpeng dan kepala kerbau dilarung bersama do'a ke tengah-tengah telaga. Perayaan Grebeg Sura ini menjadi salah satu jadwal kalender wisata Jawa Timur. Obyek wisata budaya lainnya, yaitu Taman Rekreasi Singo Pitu, Pentas Wayang Kulit, dan Reog Bulan Purnama. Di Kabupaten Ponorogo juga terdapat beberapa sentra industri, di antaranya sentra industri seng di Desa Paju Kecamatan Ponorogo, sentra industri jenang di Desa Josari Kecamatan Jetis dan sentra industri kulit di Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo. Tak kalah dengan daerah lain, Ponorogo memiliki potensi alam yang menarik hati. Beberapa obyek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Ponorogo yaitu: Telaga Ngebel, Taman Wisata Ngembag, Air Terjun Pletuk, Gunung Bayangkaki, Air Terjun Juruk Klenteng, dan masih banyak lagi. Nah, untuk kita yang kurang menyukai wisata alam, bisa menikmati wisata religi yang ditawarkan oleh Kota Santri ini. Obyek wisata ziarah di antaranya adalah Makam Bathara Katong (pendiri Kadipaten Ponorogo) di Desa Setono Kecamatan Jenangan dan Makam Gondoloyo di Desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan. Dan obyek wisata agama di antaranya adalah Mata Air Sendang Ayu Waluyo Jati yang merupakan tempat ibadah penganut Katolik, dengan sebuah patung Maria di Desa Klepu Kecamatan Sooko dan Masjid Tegalsari yang dibangun pada abad XVII.


Setelah lelah berwisata di kota ini, kita bisa mampir ke klinik kecantikan kesayangan kita semua, Larissa Aesthetic Center untuk melakukan treatment agar tubuh kita kembali rileks. Gerai Larissa terletak di dekat alun-alun kota Ponorogo, yaitu di jalan Raden Saleh No.39 Ponorogo.

1 komentar :

jalu mengatakan...

eh ada juga di ponorogo..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons