Selasa, 10 Februari 2015

ACROYOGA

Kalau beberapa saat yang lalu kita sudah membahas jenis senam yang menggabungkan beberapa gerakan dalam irama musik latin yang menyenangkan, kali ini kita akan membahas salam satu jenis olah tubuh yang menenangkan. Nama olah tubuh tersebut adalah Acroyoga.

Olahraga yang berasal dari India ini, mulai tren dua tahun belakangan khususnya di Jakarta. Kini acroyoga bukan hanya dilakukan oleh para yogi tapi juga oleh beberapa selebriti Indonesia seperti Andien, Luna Maya dan Raisa.

Acroyoga adalah salah satu jenis dari olahraga yoga dimana setiap gerakan yang dilakukan mengandung usur acrobatic dan yoga. Apa manfaat yang dirasakan sama seperti olahraga yoga pada umumnya? Berikut beberapa manfaat dari acroyoga :


   1. Melatih Kekuatan Otot

Manfaat yang paling utama dari acroyoga adalah melatih kekuatan otot seperti otot besar. Beberapa gerakan acroyoga seperti terbang di atas kaki, gerakan tersebut dapat dilakukan karena otot yang berada di antara perut dan kemaluan diaktifkan. Untuk beberapa orang yang tidak pernah berolahraga biasanya otot dalam tubuh menjadi tidak aktif, hal ini justru akan menghambat dan mempersulit dalam melakukan acroyoga.

   2. Melatih Keberanian
Beberapa orang beranggapan bahwa acroyoga adalah olahraga yang sulit dan menakutkan untuk dilakukan. Tapi tanpa disadari acroyoga dapat melatih keberanian kita dengan mencoba melakukannya. Dalam melakukan acroyoga tidak ada yang harus dipaksakan. Seperti harus melakukan gerakan yang sulit setelah memahami gerakan dasar.  Jika ingin mencoba dan yakin dengan satu gerakan yang sulit, kita dapat melakukannya. Tapi jika takut disarankan untuk tidak melakukannya, karena jika dipaksa gerakan yang dilakukanpun tidak akan maksimal dan dapat menimbulkan cidera.

   3. Pembentukkan Tulang
Untuk beberapa orang yang memiliki tulang punggung bungkuk, acroyoga dapat menjadi salah satu alternatif untuk pembentukkan tulang lebih tegak. Beberapa gerakan acroyoga seperti kayang di atas kaki dengan membuka dada dapat memberikan manfaat menegakan tulang belakang dan mengurangi rasa sakit pada pinggang. Dengan kaki sebagai pondasi membuat gerakan kayang ini semakin sempurna dalam pembentukkan tulang.

   4. Mengharmoniskan Hubungan

Bagi yang sudah berumah tangga, selain bermanfaat untuk kesehatan, acroyoga juga bermanfaat untuk sebuah hubungan terutama hubungan suami istri. Acroyoga dapat melatih kepercayaan, chemistry dan komunikasi yang terjalin. Dalam hal ini bukan hanya hubungan suami istri, hubungan kekeluargaan seperti hubungan kakak-adik dan persahabatan pun dapat terjalin lebih baik.
Bahkan untuk hubungan antara orang asing sekalipun, acroyoga dapat membuat hubungan yang terjalin menjadi lebih cepat akrab satu sama lainnya. Karena yang diutamakan dalam acroyoga adalah komunikasi yang terjalin di antara base dan flyer. Hal ini biasanya sering disebut dengan instan koneksi.

   5. Mengencangkan Alat Vital
Beberapa gerakkan acroyoga yang dapat dirasakan hingga paha dalam, dimana gerakan ini berfungsi untuk mengencangkan bagian alat vital dan tentunya membuat hubungan lebih harmonis untuk  yang sudah berkeluarga.

   6. Melatih Kesabaran
Sama seperti yoga, acroyoga juga bermanfaat untuk melatih kesabaran pada diri seseorang. Sebagai contoh pada saat melakukan gerakan berdiri satu kaki dengan kondisi tangan dinaikkan ke atas, tentu dalam gerakkan tersebut kita akan merasakan gemetaran. Dalam hal ini kita akan diuji seberapa besar tingkat kesabaran yang dimiliki.

Bagi orang yang sama sekali belum pernah melakukan yoga atau tidak terbiasa berolahraga, ada baiknya mengambil kelas yoga biasa selama satu sampai dua bulan sebelum mulai berlatih gerakan acroyoga. Yoga bisa dilakukan dua sampai tiga kali seminggu, namun semakin sering intensitas latihannya bisa semakin cepat pula seseorang memulai acroyoga. Hal ini dimaksudkan agar peserta terbiasa dengan gerakan dan istilah-istilah yang akan dipakai pada latihan yang dibawa dari India dan dikembangkan pada tahun 80-an di Montreal, Kanada tersebut.
Lain halnya jika orang tersebut sudah terbiasa berolahraga meski bukan yoga. Jika kelenturan dan kekuatan fisik sudah didapat, acroyoga bisa lebih cepat dimulai. Muay Thai, lari, atau pilates adalah beberapa latihan yang dapat memudahkan seseorang melakukan gerakan acroyoga. Namun jika orang tersebut masih merasa takut, pelatih pun tidak akan memaksakan. Karena salah satu kunci dari melakukan olahraga ini adalah keberanian yang tidak boleh dipaksakan.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons