Rabu, 23 September 2015

3 Cara Sederhana Menjadi Seorang Public Speaker yang Baik

Berbicara di depan umum adalah hal yang sangat mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Namun sebagian orang malah justru mengalami ketakutan luar biasa saat harus menghadapi audience ketika berbicara di depan. Fobia berbicara di depan umum disebut glossophobia. Ada 3 cara
sederhana untuk mengatasi ketakutan tersebut dan menjadi seorang public speaker yang komunikatif dan menarik

  1. Persiapan

Seseorang yang tidak melakukan persiapan berarti dia sedang mempersiapkan kegagalannya. Tentu persiapan menjadi hal yang sangat penting untuk menguasai materi sehingga tidak akan terjadi blank pada saat berbicara di depan umum. Bila hanya tersedia sedikit waktu untuk persiapan, bersikaplah seolah-olah anda sudah menguasai semua materi. Ingat, practice makes perfect! 

     2. Sikap tubuh yang baik


Berdiri tegak, tangan terjuntai di samping atau memegang note kecil, kaki sedikit dilebarkan, kepala tegak memandang audience adalah posisi nyaman yang dapat membantu kita terlihat siap dan menyakinkan saat berbicara. Jangan terlalu kaku atau justru terlalu banyak bergerak karena dalam sekejap audience akan kehilangan kepercayaannya kepada kita. Bergeraklah dengan nyaman dan normal. Sapa para audience dengan melemparkan pandangan ke seluruh ruangan. Awali dengan senyum dan yakinlah semuanya akan berjalan lancar. Smile and face the crowd!


      3. Tunjukkan rasa percaya diri

Pede! Adalah kunci besar dalam suksesnya public speaking anda. Posisikan diri anda sejajar dengan para audience sehingga anda bisa lebih akrab dan menynangkan. Sebelum memulai presentaasi, cobalah untuk berbaur dengan para audience dan cari tahu topic apa yang sedang hangat dan menarik untuk dibicarakan sedikit, contohnya menyapa dalam bahasa daerah para audience.

Selamat mencoba!

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons