Rabu, 08 Juli 2015

Beauty Inside and Outside in Ramadhan

Saat bulan puasa tiba, sering kali kita lupa memberikan perhatian lebih pada kondisi kulit wajah dan tubuh yang sedang rawan-rawannya terserang dehidrasi. Bisa
dibayangkan, bangun 2 jam lebih awal dari biasanya untuk bersahur, terkena polusi dan paparan sinar matahari langsung saat beraktivitas, hingga berada di dalam ruangan ber-AC lebih dari 8 jam saat bekerja seharian di kantor. Berikut ini 5 trik mudah dan praktis, agar kulit wajah dan tubuh tetap segar dan terjaga dengan maksimal selama kita berpuasa.


  • Air Putih Wajib Hukumnya


Bila setiap hari kita wajib minum 8 gelas air putih sehari, maka saat berpuasa kita harus menambah asupan air putih hingga 13 gelas sehari. Menurut dr. Eddy Karta Sp.KK, kandungan hidrogen, oksigen, dan mineral yang ada  memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Di antaranya, melancarkan aliran pembuluh darah, mencegah kekeringan kulit, serta membantu proses pembuangan toksin dalam tubuh. Dengan asupan air yang cukup ke dalam tubuh, otomatis kelembapan tekstur permukaan kulit dapat terjaga sempurna dengan alami. Hati-hati, tubuh yang kekurangan asupan air putih dapat membahayakan kerja organ-organ di dalam tubuh, terutama pada ginjal.


  • Perbanyak Porsi Buah-buahan dan Sayuran 


Pada saat berpuasa, usus manusia akan cenderung lebih mengecil. Untuk itu, konsumsilah buah dan sayuran yang mudah dicerna usus, berwarna gelap, mengandung asam folat, antioksidan, kalsium, zat besi, lycopene, kaya akan vitamin B2, B1,B6, C, dan A sebanyak 1,5 porsi pada saat sahur dan makan malam.

Selain itu, buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air, minyak, vitamin C ,E dan A  akan menutrisi, merangsang produksi kolagen, dan membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Di antaranya: olive, jambu, tomat, labu, semangka, wortel, seledri, bit, selada romaine, lobak, dan mentimun. Ingat, agar lambung tidak bekerja terlalu berat, berikan jeda 30 menit sesudah Kita berbuka untuk memulai makan malam lengkap dengan sayuran yang diikuti dengan buah-buahan sebagai pencuci mulut.


  • Bersihkan wajah dengan benar


Kulit yang bersih dan sehat akan membantu proses penyerapan produk nutrisi kulit dengan lebih maksimal. Namun ternyata, mencuci wajah dengan cara yang salah malah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Awali dengan membasahi kulit wajah dengan air hangat. Pilihlah facial cleansing yang mengandung vitamin C, dan aloe vera gel yang dipercaya dapat mencerahkan wajah, menyegarkan dan mendinginkan kulit. Perhatikan kandungan lain yang ada pada facial cleansing Kita. Kandungan glycerin bisa menjadi pahlawan yang berfungsi untuk melembutkan kulit dan meningkatkan hidrasi. Kemampuan butiran jojoba micro beads dalam mengeksfoliasi kulit membantu membebaskan pori yang tersumbat. Membuat facial cleansing Kita  makin lengkap dan tepat.


  • Bilas dengan air dingin dan jangan digosok


Agar wajah bersih maksimal, oleskan toner dengan kapas halus. Pilih toner yang mengandung vitamin E dan wheat germ oil. Sisa sabun akan bersih tanpa membuat wajah terasa kering dan terlindung dari radikal bebas.


  • Jaga Kelembapan Permukaan Kulit


Sebaiknya gunakan pelembap pada pagi dan malam hari sesudah membersihkan wajah. Pada pagi hari, oleskan daily moisturizer yang juga memiliki spektrum luas UVA, UVB dengan SPF 30, sehingga wajah terlindung dengan maksimal. Agar wajah ternutrisi dengan baik, pilihlah pelembap yang mengandung esktrak biji wijen dan buah camu camu berry yang dapat menghaluskan permukaan kulit dan kaya akan vitamin C alami. Sebelum tubuh beristirahat, oleskan night cream yang mengandung vitamin E dan cocoa butter yang mudah menyerap dan mengikuti suhu tubuh. Hasilnya, kulit akan terasa halus, dan lembap sepanjang malam. Perlu diketahui, pada malam hari kulit dapat melakukan proses penyerapan dengan lebih baik, sehingga nutrisi di dalam krim dapat bekerja dengan maksimal. Jangan lupa, pada area kulit mata yang memang lebih tipis dari bagian kulit wajah lainnya, oleskan eye cream khusus yang dapat menjaga kehalusan kulit mata sekaligus
membantu mengurangi garis-garis halus. Eye cream dengan kandungan vitamin E, algae extract, dan shea butter bisa menjadi pilihan yang tepat.


  • Perawatan Ekstra


Kembalikan kesegaran kulit wajah dengan perawatan tambahan yang praktis. Pemakaian masker dan lotion wajah bisa Kita kitalkan. Selain mudah pengaplikasiannya, masker wajah terbukti dapat membantu menstimulasi peredaran darah, membersihkan pori yang tersumbat, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi produksi minyak berlebih dengan cepat. Bagi Kita yang memiliki kulit kusam, gunakan masker yang memiliki formula whitening dan berbentuk kain yang mudah dibersihkan. Lakukan  sekali dalam seminggu. Bila warna kulit wajah Kita terlihat tidak merata, dan terdapat noda-noda hitam membandel, lotion wajah dengan kandungan daun lidah buaya organik yang ampuh memberikan asupan antioksidan dan mengurangi produksi melanin, bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasinya. Wajah pun akan terlihat lebih cerah dan segar.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons